/* Banner Iklan 125x125 */ #adsquickzone{ overflow: hidden; padding:0; } .ad1, .ad3 { float: left; margin-bottom: 5px; padding-left:0px; } .ad2, .ad4 { float: right; margin-bottom: 5px; padding-right:0px; }

Wednesday, November 20, 2013

15 Teknik SEO Blog yang Harus Blogger Tahu

15 Tehnik SEO Blog yang Harus Blogger TahuTeknik SEO blog terbaru biasanya banyak bermunculan seiring berjalannya waktu dan perubahan alogaritme yang dilakukan sebuah mesin pencari.Setiap blogger yang ingin mengembangkan suatu web dan situs haruslah mengerti seluk beluk atau paling tidak dasar SEO ( Search Engine Optimization ) karna inilah yang menjadi jantung pertahanan dari situs anda.

Melakukan atau menerapkan tehnik seo memang tidak mudah,tapi jika anda melaukan dengan baik.Maka hal itu akan membawa dampak yang sangat dahsyat untuk blog.Namun begitupun sebaliknya,jika anda salah dalam mengaplikasikannya,blog anda akan terdiam sampai titik itu juga.

SEO merupakan tulang punggun blog kita.Jadi, kembangkanlah seo sebaik mungkin, sebagaimana anda menulis konten yang berkualitas tinggi dan super lengkap.Tanpa anda menerapkan optimasi,konten baguspun akan menjadi debu yang tidak bernilai sama sekali.

Seperti yang kita tahu bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan blog haruslah dikerjakan dengan bersungguh-sungguh jika anda ingin mendapatkan lebih.Entah itu uang,kepopuleran dan brand bisnis anda.Semua harus sempurna dan semua harus lengkap !! Bukan hanya sekedar konten yang anda ciptakan dan dirancang dengan baik,tapi optimasi juga perlu di dongkrak untuk kesempurnaan yang lebih baik.Nah,kali ini saya akan berbagi tips seo mengenai 15 Teknik Dasar SEO Blog yang harus Blogger tahu.

1. Menyusun Judul dan Meta Deskripsi
Judul adalah kepala dari konten anda,dimana ini adalah langkah awal memulai optimasi yang baik.Menulis sebuah judul haruslah ringkas,informatif dan jelas .Mesin pencari google hanya indeks 66 karakter dari judul setiap postingan artikel.Jadi ,kreasikan ide anda untuk menentukan judul yang lebih pendek yang sesuai target.Namun meskipun demikian,jangan pernah membatasi diri anda untuk merancang judul yang kurang dari 66 karakter,biarkan judul mencangkup semua isi dari tema artikel yang anda buat.

Untuk meta deskripsi sendiri sesungguhnya masih penting dan google pun setia memperhitungkan hal ini.Untuk penulisan masih sama harus ringkas dan tidak ber belit-belit.Meta sendiri harus mampu mewakilkan kunci dari artikel yang anda buat.

2. Membuat Sitemap.
Peta situs atau sering kita sebut Sitemap memiliki peran dan keberadaan yang sangat penting.Mengingat ini adalah daftar isi dari semua halaman sudut blog anda.Agar penjelajahan ( indeks ) mesin pencari jadi lebih baik,buatlah sitemap dan di blog anda dan kirimkan ke segala jenis mesin pencari.

3. Fokus pada Kata Kunci.
Kata kunci adalah acuan dari setiap mesin pencari untuk menempatkan artikel kita di peringkat Serp mereka.Ingat,pengguna internet lebih suka menuliskan kata kunci yang tergolong pendek di kolom pencarian dari pada memaparkan seluruh kalimat yang mereka cari.Untuk optimasi niche blog yang sukses,ketahui kata kunci seperti apda yang banyak dibidik ( dicari ) oleh mereka dan anda bisa mengnyisipkannya pada setiap artikel yang berhubungan.Oleh karna itulah,penggunakan kata kunci yang baik di setiap konten sangat penting ,terutama pada bagian paragraf pembuka.

4. Tetap fokus dan Terbuka.
Blogging juga harus mengikuti jaman dan tren yang seiring bisa berubah begitu saja.Mesin pencari sangat menyukai blogger yang selalu menciptakan sesuatu hal baru di situs mereka.Anda tidak usah ambil pusing akan hal ini,konten bisa datang darimana saja.Buat artikel unik dan Bidik kata kunci yang berbeda akan membuat blog kita terlihat lebih frees dan tentunya terbuka untuk segala jenis perubahan.

5. Membangun Internal Link.
Internal link adalah bagian penting dari sebuah optimasi.Hal ini akan membantu artikel bidikan anda menempati posisi yang lebih baik dari sebelumnya.Secara otomatis mesin pencari akan akan melihat lebih banyak link yang kemudian dia tahu bahwa di blog anda terdapat banyak konten dan saling berhubungan.Menghindari interaksi internal link adalah sesuatu yang buruk untuk blog.Mulailah bangun link anda dan dongkrak posisi artikel anda di serp mesin pencari.

6. Melirik Pencarian dengan persaingan rendah.
Membuat artikel dengan persaingan yang rendah namun tetap ramai diminati adalah ide optimasi yang sangat baik.Konten kita mampu bertengger di atas karna tingkat persaingan yang masih rendah.Analisa kata kunci  dan cek langsung ke lapangan untuk melihat jumlah persaingan dari konten anda.Jika sukses,traffic akan terus mengalir tanpa ada satu orangpun yang tahu bahwa konten tersebut banyak di cari orang.

7. Menganalisa kembali Konten Anda.
Konten adalah raja dan karna itulah anda harus bisa memanjakan dia dengan sepenuh hati.Kita harus bisa membuat konten tersebut tidak termakan waktu dan tetap hidup walaupun banyak pesaing baru yang bermunculan.Kualitas konten adalah bagian dari optimasi yang memiliki kelebihan tersendiri untuk menaikan pringkat.Jadi rangkailah artikel anda semenarik,unik dan seasli mungkin agar blog tetap berjaya di mata google.

8. Merancang nama Gambar dan file pendukung.
Tips ini begitu ringan, namun menurut saya dampaknya tidak seringan nampaknya.Banyak sekali orang yang mengabaikan hal ini,termasuk mas gusti sebelumnya.Memberikan file pendukung seperti gambar dan video di dalam artikel blog bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung optimasi anda.Caranya ? Saya ambil contoh pada gambar,sebelum anda meng-upload gambar tersebut,ada baiknya jika namanya kita isi dengan kata kunci konten seperti " 20 tehnik seo blog.jpg " daripada " Gambar 005.jpg " yang terlihat kutang efektif.Hal ini akan membantu pencarian yang lebih baik dan termasuk praktek seo yang harus anda terapkan.

9. Membantu pekerjaan mesin pencari ( Indeks Blog ).
Apa bisa ? Bukannya mesin pencari bekerja sendiri tanpa ada unsur manual ? Memang benar hal tersebut seperti demikian.Namun untuk memperoleh hasil penulusan blog kita yang lebih maksimal.Anda bisa menambahkan sebuah file yang bernama robots.txt di direktori root di situs anda.Fungsinya sendiri adalah untuk membebaskan bot ( robot ) mesin menjelajahi isi blog kita.

10. Gunakan Tag H1,H2 dan H3 .
Template merupakan tolak ukur terbaik untuk membuat blog kita lebih SEO lagi.Bumbui template kreasi anda dengan sedikit kode h1 h2 dan h3 di dalamnya.Meletakkan tag seperti ini akan sangat membantu blog kita bersaing di mesin pencari utama google.Jadi hal ini tidak bisa di pungkiri kalau kepentingannya tidak bisa di nomor duakan.

11. Hubungkan Social Bookmark.
Social bookmark merupakan solusi yang paling tepat untuk meningkatkan backlink dan lalu lintas di blog kita.Mesin pencari sangat menyukai blog yang memiliki backlink dan lalu lintas tinggi.Facebook fans page dan follower adalah kuncinya.Buat mereka selalu baca update artikel anda yang kemudian tertarik untuk menyebarkan ke teman mereka.

12.Perhatikan selalu Penulisan Anchor Text.
Anchor text atau sering kita sebut penjelasan text dalam bentuk link bisa kita jadikan sumber yang baik untuk melangkah ke optimasi blog.Biasanya kita sering menuliskan penjelasan untuk menghubungkan ke link lain dengan kata Klik DISINI atau Baca Disini.Daripa menggunakan kata serupa seperti tadi,alangkah baiknya jika anda menggunakan kata kunci untuk hal tersebut.Namun Mas gusti garis bawahi bahwa jika anda menghubungkan link ke halaman yang sama,gunakanlah kata kunci yang berbeda dari sebelumnya karna google sendiri tidak menyukai link yang dianggap otomatis ( spammer ).

13. Antara Nofollow dan Dofollow.
Pada poin ini saya berbagi tentang tuntutan dan kesadaran anda untuk memberikan label Nofollow pada situs dengan kualitas rendah.Ini akan sangat berpengaruh untuk pringkat halaman blog anda karna link Dofollow mendominasi artikel anda.Jika anda beri label nofollow,mesin pencari ( google boot ) akan menganggap link tersebut hanya sebagai text biasa,dimana mereka tidak akan menelusuri lebih jauh seluk beluk link tersebut.Mungkin sobat kurang paham tentang nofo dan dofo,mungkin hal ini akan saya bahas di pertemuan depan.

14. Mengoptimalkan Keberadaan Gambar.
Menambahkan optimasi pada gambar merupakan langkah SEO yang sangat baik.Untuk mendominasi halaman google tidak hanya dengan kata kunci berupa text,menyisipkan TAG ALT pada gambar juga akan membantu memperkuat keyword atau kaca kunci yang menjadi bidikan anda.

15. Update Artikel Blog.
Search engine dan pengunjung selalu haus akan konten segar dari blog kita.Usahakan anda mencari ide konten yang baru dan fress agar tersaji bagai air yang mampu membasahi tenggorokan mereka.Dengan demikian blog anda pun akan disukai google dan member blog anda.

Update artikel blog juga berpengaruh untuk kenaikan alexa rank blog,dimana dengan konten yang ramai dan baru.Blog kita akan menciptakan lalu lintas yang lebih tinggi.Namun anda harus selalu ingat,tanpa adanya promosi dan strategi untuk mendatangkan pengunjung,puluhan artikel berkualitas seharipun tidak akan ada artinya.


Itulah tadi 15 teknik dasar seo yang tidak bisa kita lupakan dalam blogging dan selamat memulai optimasi blog anda.IBS mengucapkan selamat blogging dan semoga memberikan karya yang luar biasa.

Sumber: http://www.idblogsite.com/2012/12/15-tehnik-seo-blog-yang-harus-blogger.html

0 comments:

Post a Comment

Alexa dan Google PR

Judul Buku Favoritku :

  • 10 exciting key to success
  • Attitude 101 Apa Yang Harus Diketahui Oleh Setiap Pemimpin
  • Bagaimana mencari kawan dan mempengaruhi orang lain
  • law of attractaction
  • The 21 Indispensable Quality Of a Leader
  • The CashFlow Quadrant
  • The Magic Of Thinking Big Berfikir Dan Berjiwa Besar
  • The Power Of Thinking Big Kekuatan Berfikir Besar
  • The Powerful Leader Tips Mudah Menjadi Pemimpin Hebat

Belanja Buku Online di Kutu kutu buku :


Masukkan Code ini K1-9CYDCY-C
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

TOPBLOGAREA

Business blogs

My Blog first

Academics Blogs

Counter Track :

Website counter

Blog Top Sites

sidebar kanan 1

Powered By Blogger
Facebook Twitter Facebook Delicious Digg Favorites More